Selasa, 26 Maret 2013

Semaphore

haloha teman -teman :) kalian tau kan apa itu semaphore, khususnya sama ank pramuka nih ... masa gak tau sih apa itu Semaphore...
Kalian mau tau tentang apa itu Semaphore????? Kalo mau tau dibaca dong
Ayo dibaca – di baca…:D
Kita mulai dari ukurannya aja dulu ya,Cekidott :


·         Bendera : Ukuran 40 x 40 cm. Warna( kanan dan kiri) merah – kuning (bersilang )
·         Tongkat : Panjang 50 cm.
            Semaphore adalah suatu Bahasa Isyarat yang disampaikan dengan bendera dengan keduabelah tangan kanan dan kiri. Tiap-tiap bendera dipegang sedimikian rupa, sehingga tongkatnya sejajar dan seolah-olah bersambung. Letak telunjuk di atas tongkat itu betul – betul terpegang lurus , dilakukan dengan bahan kedua bahu , sementara itu kedua tangan tetap lurus.
            Nah, belajarlah tentang semaphore.Kita dapat belajar bersama teman , agar tiap gerakan dapat diperiksa dan diperbaiki ,atau belajarlah sendiri dengan menghadap cermin besar.
Dalam semaphore angka dan huruf dikirim satu demi satu. Selain dari tanda-tanda itu adapula tanda-tanda yang lain . Jika penerima siap  ia segera menjawab dengan huruf K. Setelah itu baru mengirim berita.
Kirimkanlah huruf demi huruf dari setiap perkataan itu dengan segera. Jika perlu berhenti sebentar untuk memikirkan huruf berikutnya, tetaplah pada sikap huruf yang terakhir, hingga huruf berikutnya  yang sedang dipikirkan  diperoleh.
Untuk menyataakan suatu perkataan telah selesai ,dipakai tanda berikut : kedua bendera itu dipegang bersilang  dari hadapan bawah. Kalau terdapat huruf kembar dalam suatu perkataan ,pakailah pula tanda itu sebagai sikap perantra.

Kirimkanlah huruf yang pertama , lalu bendera itu kearah sikap ‘selesai’ dan segera dengan tidak berhenti ,kearah sikap huruf yang pertama.
Jika tiap-tiap perkataan diterima dengan baik , nyatakanlah oleh si penerima dengan mengirimkan huruf C .
Jika membuat kekeliruan segeralah  mengirim huruf E , delapan kali kemudian  ulangi lagi perkataan  yang terakhir dari permulaan.
Berita selesai dinyatakan dengan huruf R ,artinya ia telah  menerima berita dengan baik.
Sedikit penjelasan cara mengirim berita . Sebelum mengirim berita ,kirim perhatian kepada penerima ,dengan mengibarkan bendera berulang-ulang kali..
Nah biasanya semaphore ini digunaka disaat kita berjarakan jauh… jadi semaphore ini sangat dibutuhkan apalagi dalam kepramukaan.. We love Pramuka.Salam pramuka J  

6 komentar: